QNX TECHNOLOGY

Label:

Makalah komputer
QNX Technology


Monica Risti .N
A.102.07.028


Kata Pengantar

Puji syukur saya ucapkan atas terselesaikannya tugas komputer ini. Tugas ini saya buat berdasarkan tugas makalah tentang QNX Technology.
Yang akan saya bahas di makalah ini adalah sedikit uraian atau materi tentang “QNX Technology” yang saya harap dapat memberikan cukup informasi seputar Sejarah,Produk,Kelebihan,dan Kelemahan. Saya berharap makalah ini sudah cukup lengkap untuk diberi penilaian oleh dosen pembimbing saya.
Saya mengucapkan terima kasih kepada semua sumber dan pihak yang telah berperan dalam penyelesaian makalah ini. Saya meminta maaf apabila masih banyak kesalahan di dalam makalah ini. Namun saya sudah berupaya semaksimal mungkin untuk memberikan yang terbaik yang kami tuangkan dalam setiap informasi di makalah ini.
Karena masih banyaknya kekurangan itulah berusaha memperbaiki dengan membuka diri untuk menerima saran, masukan, maupun kritik dari semua pihak yang telah membaca makalah ini.


Surakarta, 20 Oktober 2011


Monica Risti .N          



Daftar Isi

Kata Pengantar ........................................................................................................ 1
Daftar isi ................................................................................................................. 2
Pembahasan
A. Pendahuluan .................................................................................................. 3
B. Sejarah ........................................................................................................... 3
     C. Blackberry Playbook...................................................................................... 4
     D. Kelebihan dan Kekurangan Blackberry Playbook......................................... 5
Gambar..................................................................................................................... 6
Daftar Pustaka ........................................................................................................ 7









Pembahasan
A.    Pendahuluan
QNX merupakan suatu perusahaan yang disebut juga dengan QNX Software System.
            Sebagi mikrokernel berbasis OS,QNX didasarkan pada gagasan menjalankan sebagian dari OS dalam bentuk sejumlah tugas kecil, yang dikenal sebagai server.Ini berbeda dari yang lebih tradisional Kernel Monolitik, dimana sistem operasi adalah program yang sangat besar terdiri dari sejumlah “bagian” dengan kemampuan khusus.Dalam khasus QNX, penggunaan Mikrokernel memungkinkan pengguna untuk mematikan fungsionalitas tanpa harus mengubah OS itu sendiri, melainkan hanya server tidak berjalan.
            QNX Neutrino (2001) telah porting ke sejumlah platform dan sekarang berjalan hampir pada semua CPU modern, termasuk Power PC,x86,MIPS,SH-4,ARM,StrongARM,dan Xscale CPU.

B.     Sejarah
QNX pertama kali dibuat pada tahun 1982 yaitu 8088 Intel CPU.Lalu menjelang akhir tahun 1990’n perusahaan QNX mulai mengerjakan versi baru dari QNX real-time OS (RTOS), dan pada tahun 2001 perusahaan merilis QNX Neutrino real-time OS.Seiring dengan kernel Neutrino,QNX Software System membuat komitmen serius untuk perkakas, dan menjadi anggota pendiri Eclipse konsorsium.Perusahaan ini merilis sebuah suite Eclipse plug-in dikemas dengan Eclipse meja kerja tahun 2002 dibawah nama Suite QNX Momentics Alat.
Pada tahun 2004 perusahaan mengumumkan telah dijual ke Harman Industri Internasional.Sebelumnya QNX software sudah banyak digunakan dalam industri otomotif untuk sistem telematika.
Pada bulan September 2010 perusahaan QNX mengumumkan tablet yaitu Blackberry Playbook.



C.     Blackberry Playbook
Blackberry Playbook merupakan tablet perdana dari Blackberry yang dikeluarkan oleh RIM,tetapi tablet perdana ini mengalami kerugian karena kemampuan dan fitur yang tidak didukung dengan kualitas aplikasi yang dihadirkan.Lalu RIM melakukan kerjasama dengan perusahaan QNX untuk membuat versi baru yaitu versi Beta OS Blackberry Playbook QNX (2.0) yang mampu manjalankan program Android.
Kemampuan untuk menjalankan program Android memang merupakan kelebihan dari RIM, namun baru mampu diwujudkan pada Blackberry Playbook.Namun RIM tidak mempunyai Android Market yang bisa digunakan untuk mengunduh aplikasi dari sana.RIM hanya menawarkan kemudahan untuk ”memindahkan” aplikasi Android ke OS Blackberry Playbook 2.0.
RIM merilis Blackberry Plug-In for Android Development Tools untuk memungkinkan kode pemograman aplikasi Android yang sama dapat berjalan di QNX.RIM juga memiliki Runtime for Android Apps yang dapat mengubah aplikasi Android secara langsung agar dapat berjalan di Playbook.













  1. Kelebihan dan Kekurangan dari Blackberry Playbook
v  Kelebihan
a)      Ukurannya lebih portable dengan 7.0  inchi LCD display Playbook bisa dibawa kemana-mana bisa masuk kantong, dan tidak terlalu aneh bila dibawa atau dipakai di tempat umum.
b)      Displaynya bagus dengan spesifikasi hardware yang solid.
c)      Menggunakan Blackberry Tablet OS yang QNX-based,beda dengan Blackberry OS yang selama ini dirasakan di Blackberry smartphone.Playbook OS juga didesain umtuk support dengan aplikasi Android.
d)     User interfacenya cukup bagus dan halus, mudah dan cepat dalam navigasi. Selain itu, juga sudah support multitasking meski tak sebaik iPad.
e)      Mempunyai notification LED seperti Blackberry Smartphone umumnya.
f)       Support untuk Micro USB port sehingga akan lebih leluasa untuk transfer file atau untuk transfer file atau untuk keperluan lainnya yang membutuhkan expansion slot. Berbeda dengan iPad yang hanya menyediakan universal slot.
v  Kekurangan
Ø  Kemampuan dan fitur yang tidak didukung dengan kualitas aplikasi yang dihadirkan.

Gambar



Daftar Pustaka

http://gigaom.com/mobile/qnx-not-the-playbook-is-the-key-to-rims-future
https://kreatifpangkalpintar.wordpress.com/2011/08/10/keunggulan-blackberry-playbook/

0 komentar:

Poskan Komentar